Kamis, 14 November 2013

Radang Payudara



Radang merupakan respons fisiologik jaringan yang hidup terhadap rangsang yang merugikan. Penyakit radang merupkan kelompok penyakit yang reaksi radangnya merupakan komponen yang dominan.
Mastitis (radang payudara) merupakan suatu kondisi terjadinya peradangan pada payudara (Wijayakusuma, 2007). Mastitis adalah peradangan pada payudara yang dapat disertai infeksi atau tidak, yang disebabkan oleh kuman terutama Staphylococcus aureus melalui luka pada puting susu atau melalui peredaran darah. Penyakit ini biasanya menyertai laktasi, sehingga disebut juga mastitis laktasional atau mastitis puerperalis. Infeksi terjadi melalui luka pada puting susu, tetapi mungkin juga melalui peredaran darah (Dixon, 2005).


 
Masitis merupakan kondisi radang akut yang nyeri, biasanya terjadi pada minggu-minggu pertama setelah persalinan (menyusui) dengan staphylococcus aureus sebagai penyebab terbanyak. Tempat masuk kuman biasanya lewat luka pada papila, menyebabkan peradangan supuratif menyebar dari duktus kejaringan fibroadiposa di sekitarnya dan cenderung terbatas pada satu segmen payudara menimbulkan pembengkakan setempat dan eritema (Grace, 2006).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar